BERGURU PADA BUKU

Diposting oleh Anonim Senin, 15 Juni 2009

“BUKU itu seperti makanan, tetapi makanan untuk jiwa dan pikiran . buku adalah obat untuk luka, penyakit dan kelemahan-kelemahan pikiran manusia. Jika buku mengandung racun, jika buku di palsukan, akan timbul kerusakan peradaban yang sangat besar.”(ali syari’at)
Buku adalah benda yang terdiri atas kumpulan kertas yang berderet-deret abjad yang tersetruktur rapi menjadi kalimat jalin-menjalin panjang hingga membentuk pengertian yang utuh itu ternyata menyimpan kekuatan yang dahsyat, buku bukanlah satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan . namun dari sekian banyak media informasi dan pengetahuan yang ada , buku memiliki kelebihan tersendiri. Buku mampu mengikat informasi dan penetahuan dalam jangka waktu yang relative lama, sebab ia ditulis. Jadi kapanpun dan dimana pun informasi dan pengetahuan itu bisa di lihat kembali. Dengan demikian, kita bisa menyelami lautan informasi dan pengetahuan yang luas tanpa batas . hal pertama yang mesti kita lakukan untuk menemukan makna buku adalah mencintai buku. Dengan perasaan cinta, buku akan sangat istimewa karena itulah kita betah berlama-lama bersanding denagn buku. Singkatnya kecintaan buku perlu dibentuk sebagai modal awal untuk memompa semangat gemar membaca buku.
Memebaca buku berarti melakukan penjelajahan intelektual . sebab sejatinya seorang pembaca adalah penjelajah dibelantara ilmu pengetahuan yang rimbun dan lebat. Dengan semangat menjelajah dan mencari, kita bisa menimbang dari masa ke masa yang dikandung oleh buku. Buku tak lain adalah segenap saksi bisu dan abadi atas masanya . hal kedua adalah memberdayakan perpustakaan bagi penggila buku, perpustakaan itu dapat menjelma serupa surga yang menyuguhkan kenikmatan. Tapi betulkah perpustakaan itu syurga?
Menjamurnya perpustakaan, baik disekolah maupun upaya serius untuk memberdayakannya. Identifikasi perpustakaan dengan ruangan sepi dan koleksi buku yang kadaluarsa dan tidak menarik masih menancap kuat sehingga perpustakaan dianggap sebagai tempat yang sepi dan membosankan. Hal ini, tidak mengalami perubahan yang berarti. Tapi yang terpenting kesadaran akan signifikasi buku dan perpustakaan harus kita gerakan mulai sekarang ,setidaknya diawali dari lingkungan sekolah.


SEMANGAT DALAM TUGAS SUKSES DALAM KELAS

0 komentar

Posting Komentar

Did You Know... »» (?)

Share/Save/Bookmark

Subscribe
Ada kesalahan di dalam gadget ini