Gerbang MAN Tlogo

Ini adalah gerbang dari MAN Tlogo yang dilihat dari depan.
Gambar Gerbang MAN Tlogo

Gedung MAN Wlingi

Inilah salah satu gedung MAN Wlingi yang digunakan untuk proses belajar mengajar sehari-hari.
Post with links

Profil MAN Kab. Blitar

Profil MAN Kabupaten.Blitar
(MAN WLINGI,MAN TLOGO,MAN KUNIR)

Diawali dari MAN WLINGI
• Sejarah Man Wlingi
Madrasah Aliyah Negri Wlingi berdiri pada tanggal 25 November tahun 1995..
Pada awalnya sekolah ini hanya mempunyai 4 gedung biasa,.Dari Tahun ketahun hingga sekarang merangkak,berdiri sampai berlari akhirnya Man Wlingi menjadi salah satu sekolah yang mempunyai kemajuan yang cepat,padahal usianya baru 13 tahun.Walaupun banyak rintangan yang dihadapi,tapi itu tidak jadi masalah Man Wlingi tetap maju terus,karena itu adalah pedoman islam tidak boleh berputus asa,sampai tahuin ini Man Wlingi mempunyai 30 gedung sekolah,dan tahun ini pembangunan dimulai lagi untuk pembangunan Aula.
• Letak dan alamat Man Wlingi
Letaknya dibelakan masjid Agung Miftahul Jannah,masjid kabupaten,
Tepatnya di jalan PB.Sudirman No:01 Wlingi,kab:Blitar 0342-693228.
• Fasilitas Man Wlingi
- Lab Bahasa dilengkapi Ac
- Lab IPA
- Lab Internet
- Ruang belajar berlantai keramik
- Kelas 1 bejumlah 7 kelas
- Kelas XI –XII ips berjumlah 8 kelas
- Kelas XI –XII ipa berjumlah 4 kelas
- Lapangan Olahraga (Bola,Volly,pimpong)
- Perpustakaan
- Koperasi





KEDUA ADALAH MAN TLOGO

Sejarah Berdirinya MAN Tlogo Blitar
a. Cikal Bakal
Cikal bakal MAN Tlogo Blitar, tidak bisa dilepaskan dari jasa dan peranan para Tokoh pendiri YPP AL-MUSLIHUUN , yaitu:
1. Bpk. KH. Sibaweh (Tlogo Kanigoro)
2. Bpk. K. Ridwan (Tlogo Kanigoro)
3. Bpk. K. Noeroeddin Sibawaih (Tlogo Kanigoro)
4. Bpk. KH. Abdurrohman (Jatinom)
5. Bpk. KH. Ismail (Bangle)
6. Bpk. K. Syafaat (Satriyan Kanigoro)
7. Bpk. KH. Ghufron (Tumpang Talun)
8. Bpk. K. Imam Mahdi (Papungan)
9. Bpk. KH. Faqih Sibawaih (Tlogo Kanigoro)
10. Bpk. M Samsudin ( Tlogo Kanigoro)
11. Bpk. K. Muhsan (Jatinom)
12. Bpk. K. Ghofar (Gaprang)
Pada tanggal 1 Agustus 1959 mereka mendirikan TK, MI, PGA di bawah naungan YPP AL-MUSLIHUUN dengan harapan untuk memudahkan warga masyarakat Tlogo dan sekitarnya dalam meniti jenjang pendidikan secara tertib mudah dan dekat.
Dari perjalanan waktu akhirnya sampailah pada tanggal 1 juni 1962 dimana MIMA (Madrasah Islam Menengah Atas) didirikan. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada para lulusan MI dan yang sederajat di wilayah Tlogo dan sekitarnya melanjutkan pendidikannya pada tingkat yang lebih tinggi.

b. Dari MIMA menjadi MAN Tlogo Blitar
Berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat yang dilaksanakan pada bulan Juni 1969, maka proses penegerian mulai diupayakan meskipun banyak yang pro dan kontra diantara para tokoh pendiri, dengan langkah-langkah sbb:
1. Pada tanggal 7 Juli 1969 Kepala Dinas Pendidikan Agama Kabupaten Blitar, M. Yusuf, menugaskan kepada Soerjadi dan M. Faqih Sibawaih selaku Penilik Pendidikan Agama dan Pengurus Perguruan Almuslihuun Tlogo Kanigoro Blitar untuk membentuk Panitia Madrasah Aliyah Agama Islam. Persiapan Negeri di Tlogo.
2. Kemudian panitia mencari dukungan kebeberapa tokoh, dengan hasil yang sangat memuaskan. Maka selanjutnya diadakan pemeriksaan kesiapan Madrasah Aliyah Tlogo untuk memperoleh status Negeri, dengan kondisi sbb:
a. Kelas I = 2 kelas Jumlah murid = 47 anak.
b. Kelas II = 2 kelas Jumlah murid = 40 anak
c. Kelas III = 1 kelas Jumlah murid = 20 anak.
Jumlah guru 15 orang
3. Akhirnya, MAAIN Tlogo telah resmi ada pada tanggal 3 Nopember 1969, dengan SK. Menag RI No. 144 1969. Baru saja berdiri, tentu masih banyak kekurangan disana-sini termasuk mengenai kekosongan kepala Madrasah Aliyah itu sendiri. Jawatan pendidikan Agama Propinsi Jawa Timur No. 13 Tga/K/70. SURAT TUGAS yang dialamatkan kepada M.Jusuf (Kepala Dinas Pendidikan Agama Islam Kabupaten Blitar) ditugaskan untuk menjabat sebagai Pjs. Kepala MAN Tlogo Blitar, terhitung mulai 1 Januari 1970. Dan pada tahun 1979 nama MAAIN berubah menjadi MAN Tlogo sampai dengan sekarang. Adapun HUT MAN Tlogo Blitar jatuh pada tanggal 3 Nopember yang setiap tahunnya selalu diperingati.

Adapun yang pernah menjabat sebagai kepala Madrasah adalah:
1. Bpk. M. Jusuf : Tahun 1969 – 1972
2. Bpk. Abd. Djalil Sibaweh BA. : Tahun 1972 – 1974
3. Bpk. Maskur : Tahun 1974 – 1980
4. Bpk. Imam Suhairy : Tahun 1980 – 1990
5. Bpk. Drs. H. Muadz Rachman W. : Tahun 1990 – 1991
6. Bpk. Drs. Toeloes Marsudi : Tahun 1991 – 1997
7. Bpk. Drs. Shiddiq Ghozaly : Tahun 1997 – 2002
8. Bpk. Drs. H. Imam Affandi : Tahun 2002 - 2005
9. Bpk. Drs. Hamim Thohari, M.Pd.I : Tahun 2006 – sekarang





Senin, 15 Juni 2009

14 CARA MENJADI PRIBADI YANG PLUS

Yups…!!! Pasti kita ingin donk punya kepribadian plus,otak cemerlang dan penampilan prima saja gak cukup.So….Qt kenali pribadi kita dulu yuk…….!
Sebagai remaja yang smart dan aktif,kita mesti pandai bersosialisasi, nggak peduli seperti apa lingkungan kita,sebisa mungkin kita dapat diterima kemanapun kita pergi.Untuk itu ada caranya lho….!!

1.JADI DIRI SENDIRI
Nggak usah ikut-ikutan kalau temen ngajakin yang nggak-nggak,apalagi yang gk sesuai dengan isi hati kita.Dan gak usah takut kalau ditinggalin temen.So,Be your Self!!Okey….?!
2.JANGAN TERLALU BANYAK MENUNTUT
Kamu pasti sering dunk minta macam-macam ke ortu?! Tapi juga mesti ingat 1hal, kalau semua harus dipenuhi!Malu kan?!
3.PUNYA BANYAK KEGIATAN
Selain sekolah,sebagai remaja yang smart kita juga harus punya kegiatan lain seperti ikut kegiatan ekskul di sekolah.Siapa tau kita bisa menggali bakat yang terpendam.
4.JANGAN SOMBONG
Kalau kita punya kelebihan yang orang lain belum tentu punya, gak perlu sombong.Lebih baik buat kelebihan itu jadi sesuatu yang lebih berguna.Iy gk sech?!
5.ON TIME
Gak oke kalo hari gini masih “ngaret”.Janjian ma temen-temen??Datang lebih awal dunk?! Selain nanti gak ada yang mau janjian ma kita lagi,ini juga menunjukkin kalau kita menghargai mereka dan tentu aja hemat waktu dunk?!

6.SALING TOLONG-MENOLONG
Dalam hidup,kita adalah mahkluk social.Suatu saat kamu pasti butuh bantuan orang lain bukan?! So Qta juga harus siap menolong teman yang lagi kesusahan tanpa pamrih.
7.JANGAN SUKA NGAMBEK
Napa sech…mesti sering ngambek Cuma karna hal-hal kecil? Jangan buat BT semua orang dech!!Gak enak lho punya teman yang suka ngambek…!!
8.BISA MEMAAFKAN
Kita harus punya keberanian biuat memaafkan orang lain, mungkin dia gak sengaja.Selain dia lega, kamu sendiri juga enak,gak mesti pasang wajah cemberut terus kan tiap ketemu dia….?ya gak..?!
9.JANGAN SUKA BOHONG
Kamu sendiri juga pasti gak mau ibohongi kan…??selain kasihan,kamu juga berdosa,kamu juga jadi dijauhi orang-orang disekitar kamu.Dengan berkata yang sejujurnya kamu pasti lebih dihargai oleh orang lain.




10.PERHATIKAN HAL KECIL
Penampilan kamu udah rapi.Tapi kok buang sampah sembarangan?Ih…malu tau…!masa gitu sech,mungkin menurut kamu percuma kalo Cuma kamu yang begitu.Tapi kalo gak gitu alias gak ada yang memulai,so..kapan dan siapa lagi kalo bukan kita.
11.BANYAK BACA
Membaca itu penting,selain baca buku sekolah buat belajar,kita juga harus banyak baca majalah atau Koran,atau buku-buku yang bisa menambah pengetahuan kita.

BERGURU PADA BUKU

“BUKU itu seperti makanan, tetapi makanan untuk jiwa dan pikiran . buku adalah obat untuk luka, penyakit dan kelemahan-kelemahan pikiran manusia. Jika buku mengandung racun, jika buku di palsukan, akan timbul kerusakan peradaban yang sangat besar.”(ali syari’at)
Buku adalah benda yang terdiri atas kumpulan kertas yang berderet-deret abjad yang tersetruktur rapi menjadi kalimat jalin-menjalin panjang hingga membentuk pengertian yang utuh itu ternyata menyimpan kekuatan yang dahsyat, buku bukanlah satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan . namun dari sekian banyak media informasi dan pengetahuan yang ada , buku memiliki kelebihan tersendiri. Buku mampu mengikat informasi dan penetahuan dalam jangka waktu yang relative lama, sebab ia ditulis. Jadi kapanpun dan dimana pun informasi dan pengetahuan itu bisa di lihat kembali. Dengan demikian, kita bisa menyelami lautan informasi dan pengetahuan yang luas tanpa batas . hal pertama yang mesti kita lakukan untuk menemukan makna buku adalah mencintai buku. Dengan perasaan cinta, buku akan sangat istimewa karena itulah kita betah berlama-lama bersanding denagn buku. Singkatnya kecintaan buku perlu dibentuk sebagai modal awal untuk memompa semangat gemar membaca buku.
Memebaca buku berarti melakukan penjelajahan intelektual . sebab sejatinya seorang pembaca adalah penjelajah dibelantara ilmu pengetahuan yang rimbun dan lebat. Dengan semangat menjelajah dan mencari, kita bisa menimbang dari masa ke masa yang dikandung oleh buku. Buku tak lain adalah segenap saksi bisu dan abadi atas masanya . hal kedua adalah memberdayakan perpustakaan bagi penggila buku, perpustakaan itu dapat menjelma serupa surga yang menyuguhkan kenikmatan. Tapi betulkah perpustakaan itu syurga?
Menjamurnya perpustakaan, baik disekolah maupun upaya serius untuk memberdayakannya. Identifikasi perpustakaan dengan ruangan sepi dan koleksi buku yang kadaluarsa dan tidak menarik masih menancap kuat sehingga perpustakaan dianggap sebagai tempat yang sepi dan membosankan. Hal ini, tidak mengalami perubahan yang berarti. Tapi yang terpenting kesadaran akan signifikasi buku dan perpustakaan harus kita gerakan mulai sekarang ,setidaknya diawali dari lingkungan sekolah.


SEMANGAT DALAM TUGAS SUKSES DALAM KELAS

Audisi jurnalistik patria ke-23

Pagi yang cerah untuk mengawali aktifitas, siswa-siswi MAN/SMA se-kab. Blitar yang datang dengan semangat untuk menuntut ilmu di sekolah tercinta. Begitu pun yang dilakukan oleh setiap team MAN TLOGO dan MAN WLINGI yang dari pagi sibuk mempersiapkan diri audisi jurnalistik patria ke-23 yang diadakan oleh jurnalistik SMKN 1 BLITAR. Pesertanyapun datang dari berbagai sekolah yaitu anggota jurnalistik SMA/MA/SMK se-Kabupaten Blitar. Kegiatanya pun dimulai sabtu siang sampai minggu sore, tanggal 7-8 maret 2009.
Acaranyapun bukan hanya audisi tetapi juga dijadikan ajang perlombaan kekreatifitasan para anggota jurnalis dari berbagai sekolahan. Perlombaannyapun sangat menarik, dari perlombaan pidato,kreasi yel-yel, reporter cek list, madding, karikatur, dan drama. Setelah mengikuti perlombaan para pesertapun mendapat pembekalan dari mbak sinta dan mbak vinda(penyiar radio mayangkara) tentang materi kepenulisan dan metode berbicara yang baik dan benar di depan audiens. Setelah sesi [embekalan selesai, acara pun dilanjutkan dengan pementasan drama dan Alhamdulillah acara tersebut dapat terlaksana dengan baik.
Aktifitaspun belum selesai, pagi hari setelah sholat subuh para peserta membersihkan diri, dilanjutkan senam pagi dan tidak lupa sarapan pgi untuk menambah energy karna kegiatan belum selesai. Setelah selesai sarapan para peserta melanjutkan kegiatan terakhir yaitu eksplorasi lingkungan. Acara inipun seru banget karena disamping peserta eksp;orasi hanya dari peserta khusus kelas X , acara inipun dijadikan sebagai pengujian mental melatih keberanian agar para anggota jurnalis nanti siaP menjai jurnalistik yang handal dan siap berkompetisi (GOOD LUCK ARJUNA MAN WLINGI dan MAN TLOGO).


BAGIAN TERSULIT
DARI SUATU PERJUANGAN ADALAH MEMULAINYA

Sekilas Tentang OSIS

1.Apa itu OSIS?
OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah satu-satunya organisasi kesiswaan yang boleh berdiri di sekolah, yang menjalankan program-program yang diaspirasikan oleh siswa. Atau dengan kata lain, OSIS adalah sebagai lembaga eksekutif bagi siswa-siswa dalam sekolah ini.
2.Apa saja tugas-tugas OSIS?
1. menjalankan program-program yang diaspirasikan oleh siswa
2. membantu kelancaran kegiatan sekolah
3. mewadahi semua kegiatan siswa di sekolah
4. membantu pelatihan keorganisanian kerja
3.Bagaimana pengurus OSIS dipilih?
Pertama-tama, perlu dijelaskan mengenai BPH 9 dan BPH 17. BPH 17 [Badan Pelaksana Harian 17] adalah seluruh anggota kepengurusan OSIS yang berjumlah 17 orang, yaitu ketua, wakil ketua I dan II, sekretaris dan wakil sekretaris I dan II, bendahara beserta wakil-wakilnya serta kedelapan ketua seksi. Sedangkan BPH 9 adalah pengurus-pengurus inti OSIS yang berjumlah 9 orang. Jadi, BPH 17 adalah BPH 9 plus kedelapan orang ketua seksi.
BPH 9 dipilih melalui serangkaian seleksi ketat. Pertama, melalui LDKS tahap I dan II. Hasil LDKS tahap II akan diumumkan kepada seluruh ‘rakyat’ kelas. Kemudian, kelas memilih dari peserta LDKS tahap II itu 15 nama untuk mengikuti kampanye. Nama-nama yang memperoleh suara terbanyak dari antara seluruh kelas akan mengikuti kampanye antar kelas.
Berdasarkan dari hasil pelaksanaan kampanye, sekali lagi kelas memilih 9 nama yang dirasa paling ‘sreg’ untuk menduduki jabatan sebagai BPH 9. Suara dari tiap kelas ini kemudian dibawa oleh Anggota Perwakilan Kelas [APK] kepada forum MPK, yaitu Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Kelas, atau yang lebih dikenal dengan akronim SUMPeK. Suara-suara dari tiap kelas mengenai siapa-siapa yang akan mendapat posisi dalam BPH 9 diperjuangkan dalam lancar komisi C, yang biasanya terkenal karena tarik ulurnya yang lancar berlangsung sampai berjam-jam. Setelah tercapai kesepakatan, maka hasil keputusan komisi C dibawa kepada rapat pleno MPK. Pada rapat pleno MPK, akan dipilih 3 nama yang akan menjadi calon ketua OSIS, sementara keempat orang sisanya akan menduduki jabatan kebendaharaan dan kesekretariatan.
Keesokan harinya, akan diadakan kampanye akbar oleh para calon ketua, yang masing-masing mempromosikan programnya. Satu hari sesudahnya, diadakan coblosan untuk memilih ketua , wakil ketua I dan II. Penghitungan suara diadakan hari itu juga. Keputusan penentuan posisi jabatan didasarkan pada perolehan suaranya.
Sesudah kepengurusan inti terbentuk, maka dipilihlah kedelapan ketua seksi. Kedelapan ketua seksi ini biasanya dipilih atas dasar keterkaitannya dengan subseksi-subseksi yang dibawahinya, selain daripada hasil LDKS. Dengan demikian, terbentuklah sudah pengurusan OSIS secara lengkap yaitu BPH 17.
“Pengamanan berlapis” ini tentunya ditujukan agar OSIS dan seluruh kegiatannya dapat berjalan dengan lancar dan sementara menyesuaikan kegiatannya dengan aspirasi rakyat.



Jadi awali kepemimpinan kamu dari osis
Maka kamu akan mempunyai pengalaman untuk menjadi pemimpin yang lebih tinggi dan bijaksana
Dan terapkan kejujuran karena itu kunci kesuksesan.

WAKE UP, MAN! (REFLEKSI KEBANGKITAN NASIONAL)

“Namaku Gagah, cowok paling keren disekolahku. Idola para cewek dan semua para bapak ibu guru. Tapi… bapak dan ibu guru lebih mengenalku sebagai “ Si Trouble Maker “ alias “ Si Biang Kerok “. Buku pelanggaran penuh,sebulan pasti kena strap karena terlambat. Kerjaanku hanya “Tepe-Tepe” alias tebar pesona. Sibuk dengan tetap belajar ! …. Mana sempat, nggak penting banget , karena teman-teman berkomitmen “bersama kita bisa!”
Sampai saat terima raport nilaiku, terbakar semua dan aku terancam….”
Haruskah Gagah dan gagah-gagah yang lain harus tidak naik kelas?. Seharusnya itu tidak perlu terjadi, satu tahun masa yang panjang. Seandainya kita menyadari bahwa waktu tidak dapat di putar kembali alangkah bersemangatnya kita “belajar” mencari dan menuntut ilmu, mengejar prestasi yang setinggi-tingginya. Berubah atau gagal sama sekali !. keberhasilan masa depan di tentukan usahaku dari ini.
1.Budaya Instant ! No Way!
Agaknya budaya instant sudah mengakar kuat. Makan mie instant, cintapun instan… prestasi juga instan. Pleace dech … instan tidak selamanya baik, mana ada belajar instan. SKSS katanya (Sistem Kebut Semalam Suntuk ). Hasilnya … memori akan dalam otak akan over dan walhasil lupa. Pembelajaran adalah sebuah proses yang tidak bisa instant. Dan kita harus sadar bahwa pembelajaran ini untuk bekal hidup kita kelak. Hidup tidak bisa kita balik dengan sekejap, ini hidup kita sendiri. Tanggung jawab diri sendiri. Motivasi untuk Prestasi.
Motivasi merupakan hal yang sangat penting, agar kita bisa berprestasi. Shah Jehan mampu membangun Taj Mahal dengan motivasi cinta sang permaisuri Arjumand Banu. Patih Gajah Mada mampu menyatukan Nusantara dengan motivasi “Sumpah Palapa”. Kebangkitan Nasional mampu mewujudkan cita-cita untuk Merdeka. Motivasi dari dalam diri sendiri menjadi satu roket penggerak yang Maha Dasyat untuk meraih mimpi, cita dan cinta, So …..



2.Wujudkan Prestasi !
Apa prestasimu ? Pertanyaan ini harus selalu ada dalam pikiran. Prestasi hari ini belum cukup, esok harus ada prestasi yang lebih tinggi. Mana Bisa ? … Pasti Bisa, salah satu caranya adalah 5 M :
“ Menyadari kelemahan dan kesalahan. Andaikan Gagah bisa merenungi dan menyadari kesalahan pasti tanpa paksaan bisa berubah.
“ Mau berubah dari kesalahan. Kemauan sangat sulit kalau tidak dimulai dari kesadaran dari dalam diri sendiri.
“ Merencanakan perubahan apa yang harus dilakukan. Hidup harus punya tujuan jadi harus direncanakan. Jangka pendek, menengah dan panjang.
“ Melaksanakan semua perubahan itu. Tanpa dilaksanakan semua bukan apa-apa alias Nihil.
“ Mengevaluasi seberapa besar hasil yan g kita dapat. Evaluasi mampu meningkatkan prestasi kita sekaligus menilai perbaikan yang harus dilaksanakan untuk proses selanjutnya.
3.Do’a Sandaran Vertikal !
Selain bentuk usaha dan ikhtiar kita, ada kekuatan diluar kita yang Maha Dasyat yaitu kekuatan Do’a. Jangan pernah lelah menengadahkan tangan memohon pada Nya, diberi kekuatan dan kesabaran “Jadikan Sabar sebagai Penolongmu”. So tunggu apa lagi … Obama saja bisa jadi Presiden USA. Kita pasti bisa bangkit untuk berubah dan karyanya. Gagah akan menjadi “Kesatria Sejati”, jangan lupa masih ada hari esok, esok dan esok lagi … sebelum hari esok kita habis, torehkan Karya yang mampu diingat anak cucu kita ….

MEWAH TAK HARUS MAHAL

Siapa bilang busana mewah identik dengan harga selangit.Statement tersebut agaknya mulai bergeser,karena situasi dan kondisi perekonomian sekarang ini yang semakin mencekik.Oleh karna itu mari kita belajar mengkaji busana muslim yang baik.Nah dengan sedikit sentuhan kreasi serta pemilihan modedl yang baik dan tepat, busana sederhana dengan harga yang terjangkau akan terlihat lebih mewah dan elegant.
Baju muslim yang mewah itu tidak harus mahal,karena kalau sebenarnya kalau kita bisa memilih bahan kreatif dalam desain, kesan mewah itu bias dimunculkan. Dengan tehnik guntingan-guntingan mode tertentu kesan unik dan mewah juga bias didapatkan.Kesan mewah juga itu bias diperoleh dari ornament-ornamen pendukung busana tersebut, misalnya: payet, sulaman/border.Bisa juga dari perpadanan warna dari bahan baju itu sendiri.
Jadi kalau ingin kesan mewah tinggal kitanya yang mesti kreatif pilih warna busana yang bisa diselaraskan dengan jilbab yang kita pakai, jangan sampai nanti tabrak warna.Nanti malah menimbulkan kesan aneh dan bukan mewah lagi.Yang perlu diingat, busana muslim itu harus memenuhi syarat islam.Jangan sampai ketat,transparan,dan menonjolkan lelukan tubuh.Sekalipun mewah,bagus,modis dan mahal tapi kalu tidak memenuhi kaidah-kaidah agama islam, ya percuma saja kita memakainya.
Namun yang terpenting, tampilan mewah tak hanya dapat dikesankan dari busana yang glamour,sederhana dan simple look, juga dapat berkesan lebih mewah,eksklusif dan nyaman untuk dikenakan.Ada tips busana muslim untuk kamu yang masih remaja yakni:


“ Model Simpel dan gak ribet,.
“Warna pastel karena warna pastel atau warna yang muda itu bisa memberikan kesan lembut dan teduh.
“Busana tidak harus mahal.
“Harus bisa menyesuaikan dengan keadaan.


Nah selamat mencoba, semoga kamu menjadi wanita muslimah sejati,modis,lues, dan bersahaja.

Kegiatan Ekstra Jurnalistik dan KRR (kesehatan reproduksi remaja)

Kegiatan ekstra jurnalistik sudah diawali pada saat pertama kali ManWlingi didirikan,tetapi kegiatan ini belum optimal,dan pada tahun ajaran 2007-2008 kegiatan ekstra ini sudah mulai optimal walaupun banyak kendala yang menghadang,tapi ini bukan masalah,justru itu membuat kita untuk lebih maju atau biasa disebut kita lebih termotivasi dengan adanya kendala-kendala yang menghadang.
Jurnalistik mempunyai visi dan misi,diantaranya Visinya ingin melancarkan system informasi media sekolah yang ada dan membuat media sekolah menjadi sangat berkesan untuk dibaca dalam memberikan informasi.Kemudian misinya kerja cepat,santai tapi pasti,dan disiplin tepat waktu.
Siswa atau siswi yang ingin mengikuti ekstra ini diharuskan mengikuti diklat terlebih dahulu,untuk melatih mental para siswa/siswi kelak jika mereka menjadi seorang jurnalistik yang handal.Karena bagaimanapun kita dalam mendapatkan berita itu memang sangat susah,tapi dibuat Have Fun aja…….!!!!!!!
Diklat juga menyenangkan bagi para peserta diklat karena menurut mereka walaupun persyaratannya susah,tapi ych….banyak menyenangkannya….misalnya ada berbagai macam kuis dan itu membuat kita semua menjadi terhibur.Tujuannya diklat itu sebenarnya untuk melatif kreatifitas dan mental siswa/siswi.
Selain itu team ekstra jurnalistik juga telah menerbitkan majalah pada tahun kemarin,yang bernama”Mediasi”,sungguh menakjubkan,ternyata siswa/siswi Man wlingi juga handal dalam menjadi wartawan dan jurnalistik dalam menyusun naskah berita,belum lagi team editingnya sangat kreatif dalam mengolah warna-warna untuk menjadi kreatifitas yang menakjubkan.
Alhamdulilah dengan adanya majalah ”Mediasi” para pelajar Man Wlingi pun lebih comfort dalam menerimanya.Tapi jangan salah InsyaALLAH bulan juli tahun ini team Jurnalistik akan menerbitkan majalah ke 2,yaitu “Mediasi2”.
Selain Jurnalistik ada lagi kegiatan ekstra yang juga gak kalah hebohnya yaitu KRR(kesehatan reproduksi remaja),kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang masalah reproduksi remaja,kegiatan ini sangat baik karena ini bisa memberi informasi kepada para pelajar/remaja,untuk lebih mengetahui positif dan negative tentang kesehatan reproduksi remaja.
Ekstra ini banyak diikuti oleh para siswa dari kelas X-XI tidak diperuntukan untuk kelas XII disebabkan dalam hal ini kelas XII harus konsen ke ujian.Kegiatan ini sudah mempunyai prestasi tersendiri diantaranya “Menjadi Juara 2 Tingkat Nasional dalam perlombaan kuis KB”.
Ekstra ini pula mempunyai visi dan misi,diantaranya ingin memberi informasi yang lebih tentang masalah-masalh kesehatan reproduksi remaja.

Begitulah sekilas info tentang Kegiatan ekstra di Man Wlingi yang sangat menarik dan diminati oleh banyak siswa.

Manusia Sebagai Khalifah Fil Ardhi

Islam yang ya’lu wala yu’la alaih, telah membentangkan segala informasi dan aturan mengenai Aspek kehidupan manusia.Melalui Rasullnya Allah telah menjabarkan Dzat,sifat,af’al,permulaan dan kesudahan alam ini serta pertanggung jawaban manusia setelah meninggal.Dan merupakan sunnatullah dalam perjalanan dakwahnya islam selalu menghadapi berbagai kendala dan serangan-serangan dari para pemikir yang hendak memadamkan Cahaya-Nya.Sementara itu kaum kaum Muslimin sangat mendambakan para ulama yang dapat merka pegang Al-Quran dan As-Sunnah,teguh dalam menghadapi bala’ dan ujian.Untuk itu tentunya diperlukan tokoh yang berjiwa besar dan penuh kharismatik. Manusia sebagai mahluk yang paling sempurna kejadiaanya ,kesempurnaan itu bisa kita lihat, bahwa manusia diciptakan dengan bentuk lahir yang paling sempurna bila disbanding mahluk lain.Sedangkan secara batin,manusia dilengkapi dengan akal dan pikiran. Keberadaan manusia yang demikian wajar,apabila Allah membebankan tugas untuk Kholifah fil Ardhi (pemimpin dimuka bumi).Disisi lain,manusia juga mempunyai tugas sebagai seorang hamba yang disebut dengan tugas Ubudiyah,yaitu tugas untuk senantiasa beribadah dan taat kepada Allah.Tugas sebagai Kholifah fil ARdhi agar manusia mengelolah segala hal yang berkaitan dengan kemasalahan hidup dan kemajuan di muka bumi,sedangkan tugas sebagai seorang hamba adalah bahwa manusia harus tunduk dan senatiasa beribadah serta menghamba hanya kepada Allah SWT. Pemahaman bahwa manusia sebagai seorang kholifah dan manusia sebagai hamba,semuanya tertuju dalam rangka untuk penghambaan kepada Allah sehingga tidak dibenarkan ketika manusia sebagai kholifah.Maka dengan demikian tidak ada pemimpin yang tak jujur ataupun pemimpin yang memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan rakyatnya.Karena pada saat ia menjadi pemimpin ,pada saat itu ia sadar bahwa kepemimpinannya aplikasi akan tugas hamba itu sendiri.Dalam hal itu kita ingat sebuah hadist Rasullulah yang artinya:
“Masing-masing dari kamu adalah pemimpin dan masing-masing dari kamu akan ditanya dengan kepemimpinannya”
Pada saat yang sama yaitu pada saat manusia memerankan fungsinya sebagai seorang hamba yang taat beribadah kepada Allah tidak boleh sama sekali melupakan tugas kekholifannya,karena penghambaan mereka kepada Allah juga dalam rangka pencampaiian tugas kekholifannya itu sendiri.Ini dibuktikan dengan penjelasan dalam Al-Quran surat An Nur ayat 55 yang artinya :
“Allah menjanjikan kepada orang-orang beriman diantara kamu dan mengerjakan perbuatan baik,bahwa mereka akan diberikan warisan kekuasaan di muka bumi,sebagaimana telah diberikan kepada orang-orang sebelum mereka dan akan diteguhkan kedudukan agama mereka yang telah diridhoi oleh Tuhan.Dan akan menukar mereka sesudah ketakutan menjadi aman sentisa.Mereka menyembah aku dan tidak mempersekutukan barang sesuatu dengan aku.Barang siapa yang ingkar sesudah itu merekalah orang-orang yang fasiq”(An Nur 55)
Dalam pelaksanaan tugas kekholifannya,Rasullulah mencontohkan bahwa beliau tidak pernah disibukkan oleh sebuah symbolis atau bentuk-bentuk formalitas.Akan tetapi Rasullulah mengedepankan tauladan atau Uswatun Hasanah yang nyata,terbukti dalam sejarahnya bahwa Rosul tidak serta merta menanamkan Negara Arab sebagai Negara islam, tetapi menyebut dengan nama Jazirotul Arabiah (kepulauan Arab)yang berdampingan damai dengan Kristen Taglib,Nasroni Najion,dan pada waktu yang bersamaan beliau menunjukkan amal dan perbuatan yang baik sehingga membuat kawan dan lawan mengakuinya.Maka dengan kepemimpinan Rosul telah mampu merubah Arab menjadi Negara Islam.
Dalam kehidupan ini pun,kita tidak bisa serta merta menutup mata,bahwa terkadang masih ada pemimpin-pemimpin kita yang tidak jujur,lantas kita antipasi dan tidak perduli.Sikap yang demikian justru akan menyebabkan lawan umat islamiah tumbuh dengan besar sementara kita semakin terpojok,tetapi kita juga tidak boleh asal pilih pemimpin.

Maka dengan demikian tidak ada pemimpin yang tak jujur ataupun pemimpin yang memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan rakyatnya

MADRASAH SEBAGAI WADAH SAMUDRA ILMU PENGETAHUAN

Madrasah itu merupakan suatu sekolah yang bertaraf SMA,tetapi hanya berbeda dalam suatu system pembelajaran yaitu Madrasah selain mengajarkan ilmu yang ada didunia(social maupun alam) madrasah juga mengajarkan ilmu akhirat itu yang banyak diomongkan oleh orang-orang sekitar atau masyarakat sekitar,itu yang membuat Madrasah Sebagai Wadah Samudra Ilmu Pengetahuan,karena sekolah di madrasah kita mempunyai keunggulan sendiri bukan saja dari keunggulan iptek tapi juga di imbangi dengan akhlakul karimah dan keunggulan imtek.
Tapi masih banyak orang yang tabu dengan sekolah yang berlogo Madrasah,mereka benyak bertanya…Apa itu???itu sekolah ya?? Itu sekolah atau tempat pengajian??begitu pandangan masyarakat yang belum tahu apa arti sesungguhnya bersekolah di Madrasah.Tapi dengan itu semua kita jadi termotivasi untuk menghapus pandangan masyarakat yang masih tabu tentang Madrasah.Padahal Madrasah itu wauuuuuuuuuwwwww mungkin bagi orang-orang yang sudah mengetahui gimana madrasah itu,mungkin semua pada berlomba-lomba untuk masuk ke Madrasah.Tapi itu semua sudah terbukti kok.
Akhirnya terbukti juga tentang “MADRASAH SEBAGAI WADAH SAMUDRA ILMU PENGETAHUAN” banyak madrasah yang berprestasi unggul ,misalnya saja Madrasah yang berada di wilayah KABUPATEN BLITAR,diwilayah kabupaten blitar sendiri mempunyai tiga Madrasah Aliyah Negeri yaitu MAN WLINGI,MAN TLOGO,MAN KUNIR,masing-masing Madrasah ini mempunyai keunggulan yang beraneka ragam banyaknya,sampai akhirnya Madrasah tersebut menjadi sekolah Favorit.
Berjuta ilmu pengetahuan yang dapat kita peroleh dari Madrasah,yang biasanya di sekolah biasa kita hanya belajar pendidikan Agama Cuma 2 jam,tapi di Madrasah kita bisa belajar ilmu agama sampai berjam-jam,selain pendidikan agama kita diimbangi juga dengan ilmu social dan sainc yang sangat mepunyai guru pendidik yang handal. Jadi gak ada salahnya kan sekolah di Madrasah,karena Madrasah itu merupakan Sekolah yang Beriptek dan Imtek yang tinggi,sehingga ilmu pengetahuan yang kita raih,insyaALLAH barokah Lillahita’la.Amin

JALAN TERBAIK YANG KAU TEMPUH
MERUPAKAN MASA DEPAN YANG KAU RAIH

Uncategory

Healths

Downloads

Did You Know... »» (?)

Share/Save/Bookmark

Subscribe